Pembuatan Es Krim Putar (Projek Aksi Nyata)

Membeku adalah perubahan fase dari zat cair menjadi zat padat karena penurunan suhu. Ketika suhu suatu zat cair mencapai titik beku atau di bawahnya, molekul-molekul atau partikel-partikel dalam zat tersebut mulai merapatkan diri ke dalam struktur kristal yang teratur. Proses ini menghasilkan solidifikasi zat cair menjadi zat padat. 

Penurunan titik beku adalah fenomena fisika di mana titik beku suatu zat cair, seperti air, menurun ketika zat tersebut dicampur dengan zat lain (biasanya dalam bentuk larutan atau campuran). Fenomena ini terjadi karena adanya interaksi antara zat-zat dalam larutan yang mengganggu tata letak molekul atau partikel dalam fase padat, sehingga memperlambat atau menghambat proses pembentukan kristal atau merapatkan diri yang biasanya terjadi pada saat pembekuan. 

Salah satu penerapan sifat koligatif ini adalah pembuatan es krim putar. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan projek mata pelajaran kimia pada pembahasan materi sifat koligatif larutan, khususnya pada sub materi penurunan titik beku. 



Persiapan, proses dan hasil pembuatan es krim putar

Penyusunan laporan projek pembuatan es krim putar
 

Pembimbing: Andri Nurhayat, S.Pd.I.,Gr
Guru : Kimia 

Posting Komentar

0 Komentar